Wednesday, 16 February 2011

Mengevaluasi Instruksi Teacher-Centered Tugas 3

Para pengkritik mengatakan bahwa instruksi seperti ini sering kali menghasilkan pembelajaran pasif dan tidak memberi kesempatan bagi murid untuk mengkonstruksi pengetahuan danpemahaman.
Permasalahan : Apakah teacher-centered bisa mengevaluasi murid dalam pembelajaran dan dalam mendapatkan pengetahuan?

jawabnya ya,kenapa tidak,karena,
rised terhadap instruksi teacher-centered telah memberikan banyak saran berharga untuk pengajaran, antara lain :
  • Jadilah perencana yang rapi dan ciptakan sasaran instruksional.
  • Selalu berharap agar murid mendapatkan kemajuan dan memastikan agar murid mendapat  waktu pembelajaran akademik yang memadai.
  • Luangkan waktu untuk memberikan orientasi pembelajaran.
  • Gunakan metode lecturing, penjelasan dan demonstrasi guna membantu beberapa aspek dari pembelajaran murid.
  • Libatkan murid dalam aspek pembelaharan dengan mengembangkan keterampilan, mengajukan pertanyaan yang baik dan meminta mereka ikut dalam diskusi kelas.
  • Suruh murid mengerjakan seatwork atau tugas lainnya dan gunakan instruksi tersendiri untuk murid tertentu atau kelompok kecil tertentu.
  • Beri pekejaan rumah kepada murid untuk meningkatkan waktu pembelajaran akademik dan libatkan orang tua untuk membantu pembelajaran anak.
Pendukung pendekatan teacher-centered percaya bahwa pendekatan ini adalah cara terbaik untuk mengajarkan keahlian dasar, yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang terstruktur secara jelas.

Jadi, dalam mengajarkan keahlian-keahlian dasar ini, pendekatan teacher-centered mungkin bisa dilakukan dengan mengajarkan secara eksplit atau secara langsung aturan-aturan tata bahasa, kosa kata, perhitungan matematika, dan fakta-fakta sains (Rosenshine, 1986).

No comments:

Post a Comment