Selasa, 01 Februari 2011

Psikologi Pendidikan, Keahlian Motivasional

Sedikit selayang pandang tentang psikologi pendidikan. Psikologi menurut buku Psikologi Pendidikan John W.Santrock University of Texas at Dallas adalah studi ilmu tentang perilaku dan proses mental. Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkasuskan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikkan.

Ada tiga perintis terkemuka psikologi pendidikan


1. William James (1842-1910)
        Williamm James meluncurkan buku ajar psikologinya yang pertama, Principles of Psychology (1890). William james (1842-1910) memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk "Talks to Teachers" (James 1899-1993). Salah satu rekomendasinya adalah mulai mengajar pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak dengan tujuan untuk memperluas cakrawala anak.

2. John Dewey (1859-1952)
        Dewey membangun laboratorium psikologi pendidikan pertama di AS, di Universitas Chicago, pada tahun 1894. Ada 3 ide penting dari John Dewey (Glassman,2001, 2002). Pertama kita mendapat pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif (active learner). Kedua kita mendapat ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan kepada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan linngkungannya. Ketiga semua anak berhak mendapat pendidikan yang selayaknya.

3. E.L.Thorndike (1874_1949)
         Memberikan banyak perhatian pada penilain dan pengukuran dan perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah. Thorndike berpendapat bahwa salah sau tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan penalaran anak. 

Keahlian Motivasional
    Guru yang efektif punya strategi yang baik untukmemotivasi murid agar mau belajar (Boekaerts & Zeidner, 2000; Stipek, 2002). Guru yang efektif tahu bahwa murid akan termotivasi saat mereka bisa memilih sesuatu yang sesuai dengan minatnya. Guru yang baik akan memberi kesempatan murid untuk berfikir kreatif dan mendalam untuk proyek mereka sendiri (Runco, 1999). Guru yang efektif memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan,rancangann pengajaran, dan manajemen kelas,mereka tahu bagaimana memotivasi, berkomunikasi, dan berhubungan secara efektif dengan murid-murid dari beragam latar belakang kultural. Mereka juga memahami cara menggunakan teknologi yang tepat guna di dalam kelas.
John Dewey berpendapat bahwa anak-anak seharusnya tidak duduk diam di kursi dan belajar dengan sopan.
Tujuan psikologi pendidikan adalah memberi anda pengetahuan riset yang dapat secara efektif di aplikasikan untuk situasi mengajar.

Tapi bu apakah bisa guru mengajara secara efektif apabili seorang yang di ajar tidak belajar sesuai minat dan kemauannya(terpaksa)???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar