Monday, 7 March 2011

Motivasi, Pengajaran, dan Pembelajaran

Murid dengan Sindrom Kegagalan

Apa itu motivasi?
*Motivasi menurut buku Santrock adalah proses yang memberi semangat, arah dan kegigihan perilaku. Artinys perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah, dan bertahan lama.

Murid dengan sindrom kegagalan adalah murid memiliki ekspektasi rendah untuk meraih kesuksesan dan menyerah saat menghadapi kesulitam awal. Murid dengan sindrom kegagalan sering kali menjalankan tugas dengan setengah hati dan cepat menyerah saat pertama kali menghadapi kesulitan.
Sejumlah strategi dapat dipakai untuk meningkatkan motivasi murid yang mengalami sindrom kegagalan. Yang amat bermanfaat adalah metode pelatihan ulang(retraining) kognitif,seperti retraing kecakapan, retraining atribusi, dan strategi training.

Lalu, apakah murid dengan sindrom kegagalan masih tetapp bisa belahar dan mengejar teman-temannya untuk tetap berprestasi?
*murid dengan sindrom kegagalan memang butuh pengulangan dalam belajarnya, setelah belajar di sekolah tapi di rumah walaupun sebentar tetap harus di ulang setiap harinya agar tidak terus2an gagal. Walaupun punya ekspektasi rendah untuk meraih kesuksesan dan menyerah saat mengalami kesulitan awal, namun adanya pengulangan dlm belajar dengan strategi training sangat membantu mempermudah murid dlm belajar, tapi motivasi dari lingkungan sekitar juga sangat mempengaruhi murid tersebut.

2 comments:

  1. Mungkin maksudnya mba,....Menurut Santrock dalam buku Psi Pendidikan Fersi Indonesia

    ReplyDelete
  2. ya ya ya maksudnya itu, thx mas nti saya edit.

    ReplyDelete