Kamis, 13 September 2012

Tugas individu menganalisa kasus (pengalaman pribadi) berdasarkan teori belajar berpenguat Skinner


Sebelum saya menceritakan pengalaman pribadi saya untuk dianalisa, saya menjelaskan sedikit teori belajar Skinner dari buku yang saya baca.
 Kategori penguat :
Ada 3 pengklasifikasian penguatan umum :
1.       penguat primer dan skunder
2.       penguat umum
3.       penguatan positif atau negatif
yang masing-masing penguat terdapat stimulus dan respon yang mempunyau fungsi dengan cara berbeda. Stimulus diskriminatif adalah stimulus yang secara konsisten hadir saat suatu respon memproduksi konsekuensi yang menguatkan. Stimuli diskriminatif sering kali berupa kejadian lingkungan dan pernyataan verbal dari orang lain. Di bawah ini adalah pengalaman saya yang dianalisa secara individu, dan akan dianalisa secara kelompok dan mengaitkannya dengan teori belajar Skinner.
Pengalaman saya disuruh keluar dosen, tidak bisa masuk kelas karena tidak membawa buku pada saat mata kuliah tersebut  berlangsung. Contoh pengalaman kedua saya yang dikaitkan dengan teori belajar Skinner adalah pada saat saya merasa gagal dalam ujian akhir, saya harus rajin membaca buku dan konsekuensi yang saya terima saya berhasil dalam ujian dan stimulus yang baru telah saya terima, saya harus rajin menbaca agar pintar. *Asumsinya frekuensi saya merespon meningkan karena konsekuensi yang diberikan oleh dosen ataupun dengan kegagalan saya ujian, berfungsi sebagai penguat yang akhirnya menentukan saya menjadi rajin,antusias (positif), ataukah saya semakin malas (negative).
Stimulus diskrimintif
Respon
Konsekuensi
Tipe Konsekuensi
Tipe Penguatan*
Buku Pelajaran
Saya rajin membaca buku
Saya berhasil dalam ujian
Perilaku subjektif “memproduksi stimulus baru”
positif
Perintah dosen agar saya keluar kelas karena tidak membawa buku
Minggu depan pada saat kuliah saya rajin membawa buku
Teguran dosen berhenti
Perilaku subjek diikuti dengan penarikan stimulus diskriminatif
Negative


Tidak ada komentar:

Posting Komentar