Wednesday, 10 October 2012

Tugas Individu Belajar asik dengan teori Skinner

Prinsip utama penguatan pada teori Skinner adalah dinamika proses dan faktor yang memenuhi penguatan. Tiga komponen penting Skinner dari paradigm Thorndike adalah stimulus diskriminatif, respon, dan stimulus berpenguat.
  • Pada pertemuan hari ini, bu Dina selaku dosen saya, memberikan 3 stimulus untuk dibuat produk apapun yang saya fikirkan, yang pertama ada sertifikat hari anak nasional dan hari tanpa TV  agar anak hemat listrik, yang kedua sertifikat mengembangkan kepribadian remaja; bagaimana menghindari narkoba, dan yang ketiga selembar kertas putih.
  • Lalu terciptalah hasil kreativitas saya dari stimulus yang diberikan dosen saya, yaitu iklan hemat listrik. Di iklan tersebut ada himbauan untuk anak dan orang tua, tapi bisa juga sih sepertinya dibilang artikel. Ada tulisan agar anak hemat listrik dan hemat nonton TV dengann cara mengembangkan kreativitas ataupun mengembangkan imaginasi anak, dengan adanya reward dan punishment dari orang tua.


          
  • Kenapa ada reward dan punishment? Karena diteori Skinner asumsinya adalah frekuensi respon meningkat karena konsekuensi yang dideskripsikan berfungsi sebagai penguatan.

Stimulus Diskriminatif
Respon
Konsekuensi
Tipe konsekuensi
Tipe penguatan
Sertifikat dan selembar kertas
Saya membuat tulisan berupa iklan atau himbauan hemat listrik untuk anak dan pengawasan peran orang tua
Saya mendapatkan pengalaman untuk mengembangkan imaginasi saya, dan dapat nilai bagus.
Perilaku saya, memunculkan stimulus baru
possitif


No comments:

Post a Comment